Konsep-konsep penting dalam
student centered learning
  • Pusat kegiatan belajar ada pada siswa
  •  Tugas guru tidak lagi mentransfer informasi
  •  Tugas guru adalah memfasilitasi berlangsungnya kegiatan belajar oleh siswa, atau membantu siswa untuk belajar
  •  Belajar adalah kegiatan aktif dan self directed.
  •  Pembelajar harus secara aktif melakukan refleksi untuk meningkatkan belajarnya
  •  Motivasi belajar harus muncul secara intrinsic dari siswa
  •  Belajar adalah aktivitas yang bersifat individual, sosial dan kolaboratif.
  •  Guru bertindak sebagai fasilitator
  •  Belajar adalah kegiatan bersama antara guru dan siswa
  •  Pembelajar menentukan sendiri tujuan, metode untuk meraih tujuan tersebut, serta proses ujian untuk mengukur keberhasilan, dengan bantuan dan arahan guru.
  •  Keahlian belajar akan meningkatkan kualitas belajar

9 sttep Gagne

  •  Gaining attention, menarik perhatian, biasanya dilakukan dengan memberikan kasus untuk didiskusikan
  •  menjelaskan tujuan dari perkuliahan
  • menstimulasi untuk mengundang kembali prior knowledge yang telah dimiliki dengan memberikan berbagai pertanyaan yang menantang terkait dengan kasus yang diberikan dan topic yang dibicarakan
  •  mendiskusikan jawaban-jawaban mahasiswa
  •  memberikan arahan belajar atau menjelaskan dan
  • meluruskan pemahaman
  •  memberikan contoh kasus lain untuk mengoreksi pemahaman
  •  memberikan feedback atas jawaban yangdiberikan
  •  menguji pemahaman dengan memberikan beberapa contoh kasus
  •  Meningkatkan retensi dengan cara memberikan tugas mandiri dll.

METODE PENGAJARAN DENGANSTUDENT CENTERED LAINNYA

  •   Diskusi kelompok 2 orang – 2 orang, kemudian memerintahkan untuk menyampaikan hasil diskusi singkat kelompok 2 orang tersebut.
  •  Mengelompokkan siswa sesuai dengan huruf depan namanya, kemudian memerintahkan mereka untuk diskusi
  •  Memberikan kesempatan kepada siswa secara acak untuk menyampaikan pendapatnya
  •  Memberikan soal-soal untuk dikerjakan di kelas dandidiskusikan jawabannya
  •  Menuliskan refleksi atas apa yang telah dipelajari dan harus dipelajari lebih lanjut setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini ( ± 5 menit)
  •  Presentasi materi dilakukan oleh siswa: siswa
  • Menjelaskan hasil belajar mandiri atau
  • Menjelaskan PRnya kepada siswa lain
  •  Bermain peran
  •  Siswa mempresentasikan tulisan/poster /gambar mengenai topik yang dibahas dalam kegiatan belajar
  •  Siswa menyusun concept mapping (mind map) di depan kelas dan menjelaskannya kepada siswa yang lain