Sepertinya artikel ini layak untuk di save karena terbukti berguna untuk membuat otak tetap encer, cerdas dan terhindar dari penyakit yang namanya pikun.
🙂
Selain itu tips ini berguna juga untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia dan sekaligus sebagai media untuk introspeksi diri.
Sudah banyak yang membuktikan trik ini dan ternyata berhasil sangat baik dalam membantu kehidupan mereka baik bagi pelajar, mahasiswa atau siapapun.
1. Sebelum tidur (hilang kesadaran) posisikan badan telentang dan mata terpejam.
2. Ingat-ingat setiap detail hal yang kita lakukan mulai bangun tidur sampai dengan mau tidur lagi.
3. Jangan melakukan lompatan ingatan. Contoh : bangun tidur, lalu mandi, makan, sekolah, belajar, pulang, terus tidur lagi. Tapi benar-benar Diurut secara detail, bangun tidur bagaimana posisinya, bagaimana bergerak dari tempat tidur, bagaimana suasana kamar, apa yang digunakan, Bagaimana agan mandi, gerakannya, dst secara berurutan. “Ingat ! lewati urutannya, jangan melompat !”.
4. Usahakan otak kita terus mengingat urutan kegiatan yang kita lakukan dan lawan rasa ngantuknya.
5. Pada awalnya baru mengingat bangun tidur sampai mandi saja rasanya susah sekali. Tahu-tahu anda sudah tertidur dan bangun. Namun lama-kelamaan otak kita akan membuat pola dan mengembangkan kemampuannya untuk mengingat.
6. Lakukan setiap malam sebelum tidur dan anda akan mendapatkan otak yang encer, dan ingatan yang kuat.
7. Kegunaan yang lain adalah pada saat mengingat urutan kegiatan tsb, kita akan tahu mana yang salah dan mana yang benar dari hal yang kita lakukan dan katakan. Jadi bisa untuk Introspeksi diri juga.
8. Ingat ! selama melakukan kegiatan ini, mata harus selalu terpejam. nanti pada saat anda mencoba mengingat dan mengurutkan kegiatan, akan ada bayangan-bayangan / memori yang mengganggu kegiatan tsb. sebisa mungkin itu diabaikan dan berusaha kembali ke kegiatan terakhir yang diingat oleh otak kita.
Ya, hanya 8 langkah itu saja dan silahkan lakukan setiap hari dan lihat bagaimana perubahannya.